Elemen Bisnis Model Canvas Untuk Membantu Bisnis Berkembang Sukses

Pada saat ingin memulai usaha, pastinya berharap untuk dapat menjalankan bisnis nya dengan baik dan tanpa hambatan sekalipun. Dimana biasanya bahwa para founder startup akan mematangkan model bisnisnya sebagai sebuah strategi yang dapat dilakukan dengan sebuah bisnis dapat menghasilkan value untuk berbagai macam dari pihak yang sedang terlibat di dalam proses tersebut.

Perlu di ketahui bahwa model bisnis dan juga rencana bisnis tersebut mempunyai sebuah perbedaan. Yang mana bahwa model dari bisnis ini dapat bertujuan untuk dapat membantu startup dan dapat memvalidasi dari sumber daya, kanal, aktivitas sampai hubungan yang nantinya akan di jalin. Dan sedangkan rencana usaha lebih kepada sebuah strategi untuk dapat mencapai targetnya yang diinginkan dengan demikian nantinya dapat berbicara tentang pemasaran dan keuangan serta yang lain-lainnya.

Pengertian Bisnis Model Kanvas

Bisnis model kanvas ini merupakan sebuah strategi manajemen dengan berupa visual chart dan juga terdiri 9 elemen untuk dapat membantu dalam perencanaan bisnisnya sebelum dapat dibentuk. Dimana model bisnis ini dapat diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh Alexander Osterwalder yaitu di dalam bukunya dengan judul Bussiness Model Generation.

Apabila dilihat bahwa bisnis dengan model seperti ini memiliki flow modelnya yang sangat sederhana dan juga mudah untuk dapat diikuti. Dan secara garis besarnya bahwa alurnya yang mengalir dari elemen bisnis satu menuju ke elemen yang penting berikutnya. Dimana dengan model bisnis ini maka sudah dapat memvalidasi satu ide dari bisnis tersebut yang potensial dan tidak.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa dalam membuat bisnis dengan model canvas ini merupakan hal yang paling dan biasanya dapat di butuhkan oleh pengusaha pemula dan pengusaha yang ingin membuat sebuah usaha yang baru.

Elemen Bisnis Model Canvas

Tentunya masih penasaran dengan apa pun yang berada di dalam sembilan elemen bisnis dari model canvas ini. Berikut ini informasi dari elemen yang harus diketahui dan juga di pahami pada saat melakukan sebuah perencanaan bisnis.

  1. Customer Segments

Hal yang pertama dan harus dilakukan pada saat menggunakan sebuah bisnis model canvas ini yaitu menentukan segmentasi dari pelanggan yang dapat dilakukan menjadi target dari bisnis tersebut. Dimana misalnya pada saat memulai dari bisnis maka akan masuk ke kelas bawah dan juga pada kelas.

  1. Value Proposition

Setelah menentukan sebuah segmentasi dari pelanggan dimana harus memulai dalam membuat penjelasannya dan juga rinciannya dari adanya keunggulan produknya. Dan apa saja dari point-point yang dapat mendatangkan manfaat dan keuntungan yang di tawarkan oleh perusahaan untuk membuat target dari pelanggannya.

  1. Channels

Dapat memulai dan juga menentukan media ataupun channel yang ingin digunakan untuk dapat memasarkan produk yang memang dijual. Dengan adanya elemen satu ini maka baru dapat menyampaikan dari value propositions untuk para customer segments dan jelas.

  1. Revenue Streams

Merupakan sebuah elemen dari model bisnis dari kanvas dan yang paling vital yang mana perusahaan dapat diperoleh pendapatannya dari pelanggannya. Dimana harus mengelola dari elemen tersebut secara baik dan juga memastikan bahwa tidak ada produk, bahan baku, dan kinerja yang tidak dapat dimanfaatkan dengan cara maksimal untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

  1. Key Resource

Key resource ini yang dimaksud bahwa merupakan sebuah elemen yang berisi mengenai daftar sumber daya dan sebaiknya direncanakan dan juga dimiliki perusahaannya. Dimana elemen ini haruslah dapat di kelola secara baik untuk dapat mewujudkan sebuah valie proposition dari bisnis tersebut.

  1. Customer Relationship

Pelanggan adalah salah satu dari aset yang penting yang dapat mempengaruhi akan keberhasilan dari sebuah bisnis terpercaya. Apabila merupakan sebuah aset. Maka jika ingin sebuah bisnis ini dapat bertahan lama maka harus bisa memastikan pelanggan loyal atau setia dengan produk tersebut.

  1. Key Activities

Ini merupakan seluruh aktivitas yang dapat berhubungan dengan segala produktivitasnya dalam bisnis dan juga berkaitan dengan suatu produk. Yang mana kegiatan utamanya tersebut dapat menghasilkan proposisi dari nilainya. Di dalam membuat elemen tersebut maka harus menjelaskan bagaimana cara untuk menciptakan sebuah value proposition bisnis ini dengan beberapa aktivitas yang bertujuan produk dan jasanya.

Share Button